Tuesday, July 24, 2018

Pertumbuhan yang Disengaja (Intentional Growth)

Nats : Luk 2:21-40

Dari bacaan hari ini kita dapat melihat kalau Yesus memiliki pertumbuhan fisik, rohani dan spiritual yang sehat. Hal ini dapat kita baca pada ayat ke 40 yang berkata :
"Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya."

Ada prinsip yang dapat kita pelajari dan aplikasikan ke dalam kehidupan kita sehingga kita juga dapat mengalami pertumbuhan yang baik dan menerima berkat (besar, kuat, penuh hikmat & kasih karunia Allah) yaitu :

Adanya penyerahan / pengudusan diri (ay 22-23)

Dasar dari penyerahan diri ini sesuai dengan Hukum Taurat pada jaman Musa (Bdk Kel 3:2,12,15; Bil 3:13). 

Semua orang tua Israel harus melakukan hal ini (menyerahkan anak sulungnya kepada Tuhan) dengan maksud untuk mengingat karya Tuhan yang besar dalam sejarah kehidupan mereka dan menyatakan kalau kehidupan anak mereka adalah sepenuhnya milik Tuhan.

Hal yang saya dapatkan ketika saya membaca mengenai hal ini adalah :
  1. Hubungan dengan Tuhan adalah yang terpenting. Ritual yang dilakukan oleh orang Israel pada masa itu adalah cara mereka untuk dapat berhubungan dengan Tuhan sang pencipta dan pemilik kehidupan mereka sebagai bangsa pilihan Tuhan. Pada masa sekarang, hal ini tetap harus menjadi yang terpenting dalam kehidupan kita - orang-orang pilihan Tuhan. Kehidupan yang berpusat pada Yesus, kerinduan untuk semakin mengenal-Nya baik melalui Doa dan Firman adalah sumber dari kehidupan kita -  sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh 15:5b)

  2. Penyerahan diri total kepada Allah dan rencana-Nya, dalam bentuk yang paling jelas berbicara mengenai iman dan ketaatan. Rencana Allah selalu akan membawa kita dari sebuah kemuliaan menuju kemuliaan yang jauh lebih besar (Bdk 2 Kor 3:18) - namun pada kenyataannya banyak orang tidak memperolehnya karena tidak memiliki Iman dan Ketaatan. Ketaatan tidak hanya berbicara mengenai tindakan yang dilakukan, namun juga berbicara mengenai Iman yang melandasi tindakan tersebut.

    "Kalau kita percaya bahwa Allah akan membawa kita kepada tanah perjanjian maka kita juga akan taat ketika Ia menyuruh kita keluar dari posisi kita sekarang."
     
  3. Ketika kita sudah mengandalkan Tuhan serta memiliki iman & ketaatan maka Allah akan mengirimkan peneguhan-peneguhan yang memberikan kita keyakinan bahwa Ia beserta dengan hidup kita. Pada kisah ini, Allah mengirimkan Simeon & Hana untuk meneguhkan Yusuf & Maria akan apa yang Tuhan akan lakukan di dalam kehidupan Yesus.

    "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah - Rm 8:28", Allah itu setia dan takkan meninggalkan perbuatan tangan-Nya (Bdk Maz 138:8)

  4. Komunitas yang benar juga akan membawa kita lebih dekat kepada penggenapan janji Tuhan. Simeon & Hana bertemu dengan Yesus & kedua orang tuanya di Bait Allah. - "Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita ... "- Ibr 10:25a


Marilah kita berusaha untuk membangun hidup kita dengan sebaik-baiknya sehingga Allah mempertumbuhkan kehidupan kita sehingga menjadi lebih dewasa di dalam Dia (1 Kor 3:7) dan membawa kita dari satu kemuliaan kepada kemuliaan yang lebih besar (2 Kor 3:18)

No comments: