Saturday, January 31, 2009

DDP 13 : Passing Through the Barrier

Bacaan : Keluaran 4:13

Statement Musa "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus" merupakan sebuah penolakan langsung terhadap perintah Tuhan, setelah 2 kali beralasan untuk menolak namun argumennya berhasil dipatahkan oleh Tuhan maka musa mengeluarkan statement ini. Statement yang sangat terlihat konyol dan tidak berdasar...

Kalau mau dipikir-pikir, sebegitu tidak tahunya kah Tuhan akan keterbatasan musa (*tidak cakap berkata-kata) atau sebenarnya ada rencana lain dari Tuhan untuk memberikan penerobosan atas keterbatasan musa ???

Andaikata (*hanya berandai2 saja) pada waktu itu musa menyetujui untuk dipanggil oleh Tuhan, masak-kan dia akan tetap berada pada kondisi itu (*tidak cakap berkata-kata), kalau itu yang terjadi maka memang benar bahwa Tuhan itu tidak bijaksana sekali.. menyuruh sesuatu yang sudah pasti gagal ??

Pada banyak kasus, saya sering melihat kejadian-kejadian yang seperti ini namun secara garis besar ada 3 kemungkinan yang mungkin terjadi .
1. Kalau ngga mau ya sudah... ditinggal ... ngga turut berperan serta apapun dalam hal keren yang Tuhan sedang kerjakan.
2. Sekalipun ngga mau, Tuhan tetap masih mengikutsertakan namun porsi yang didapat tidak maksimal - karena yang harusnya dia lakukan terpaksa harus dilakukan oleh orang lain, dia hanya bisa turut mendukung saja *supporting role.
3. Mau dan akibatnya terjadi pengembangan kapasitas secara supernaturally sehingga perintah tadi berhasil dilaksanakan meski kadang-kadang belum maksimum hasilnya namun hal tersebut sering menjadi langkah awal dari penambahan kapasitas.

Sebenarnya seluruh keputusan ada di tangan kita, Allah sedang mengerjakan sesuatu yang keren banget dan sangat baik buat kita (*dalam porsi pengembangan kapasitas ilahi) - cuma kadang-kadang kita berpikir bahwa hal terserbut sedemikian tidak mungkinnya bahkan secara tidak sadar sampai meragukan bahwa Allah bisa untuk memampukan kita / mampu memberikan potensi-potensi tambahan kedalam kehidupan kita. Nah kita sendiri yang rugi kan ??? Kehilangan kesempatan untuk mendapatkan potensi-potensi tambahan yang kita tidak pernah pikirkan sebelumnya... :)

Justru pada saat kita dalam posisi tidak mampu, tidak kuat dan tidak bisa-lah maka itu kesempatan lagi buat kita menyaksikan Kuasa Allah yang luar biasa itu melepaskan kita dari masalah-masalah ataupun memberikan terobosan-terobosan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya (*termasuk potensi-potensi baru) - bdk : 2 kor 12:9Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.


So... jangan takut kalau terlihat ada barrier yang besar, jurang yang ngga terseberangi, jalan yang saking gelapnya sampai ngga ada sinar, tidak ada jalan, semua pintu tertutup ... karena justru pada saat itulah sebenarnya Tuhan sedang ingin melakukan sesuatu yang KEREN BANGET!! tinggal masalahnya kita mau melangkah dengan iman menuju hal yang keren banget itu atau cuma mau tinggal untuk menyaksikan hal itu terjadi saja..

GOD Bless Us All....

1 comment:

Anonymous said...

Setuju banget.
Jangan takut untuk belajar atau melangkah ke hal yang baru, asalkan sesuai kehendakNya.

Maju terus!