Wednesday, January 28, 2009

DDP 11 : "Never Give Up, Never Surrender"

Bacaan : Yakobus 5:7-11

Bacaan hari ini mengingatkanku kepada satu film plesetan dari StarTrek yang judulnya GalaxyQuest. Td sempet cari-cari previewnya lagi, filmnya si genrenya komedi konyol2an - ceritanya ada sekelompok artis di bumi yang bermain dalam film berjudul GalaxyQuest tau2 diculik sama alien yang menganggap bahwa film itu adalah sejarah peradaban manusia (*mereka pikir film Galaxy Quest itu adalah beneran terjadi). Alien tadi sedang dalam kesulitan besar jadi mereka mau minta tolong kepada awak GalaxyQuest untuk menyelesaikan masalah mereka - untuk itu mereka sampai membuat replika dari semua hal yang ada di film ini termasuk Spaceship dan semua accessories (*untuk mahkluk bumi itu cm khayalan - tp buat mereka jadi kenyataan). Kacau2nya ya gara2 itu... si aktor mau ngga mau harus berusaha buat jadi Hero beneran, menyelamatkan si alien berdasarkan scene2 yang pernah ada di film.

Sebenernya yang mengingatkanku pada film ini adalah sebuah tagline yang sering sekali diucapkan sama si captain - bahkan menjadi salah satu trademark dr fim ini yaitu "Never Give Up, Never Surrender".

Beberapa waktu yang lalu ada topic tentang kesuksesan dan kegagalan dari pelajaran komsel, nah pada komsel itu aku bilang begini : "Sebenarnya, ga ada kegagalan yang sudah final kecuali kalau pada moment gagal itu mengakibatkan kita untuk berhenti dan menyerah. Moment gagal itu bukan akhir dari segalanya, justru bakal menjadi akhir/ final kalau pada saat itu putus asa sampai berhenti untuk berusaha kembali". Salomo pernah men-state hal ini dalamAmsal 24:16 Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali.

Hal ini bisa jg diaplikasikan ke urusan dosa, OK lah kalau sampai berdosa ya faktanya berdosa, ga bisa bilang itu belum final dosa- tapi itu bukan akhir dari segalanya (*baca : total failure) - semua tergantung dari moment setelah kita melakukan dosa, apa yang kita lakukan setelah itu. Kalau setelah itu kita merenung dan meratapi terus seakan-akan semuanya sudah selesai, ga ada harapan untuk bangkit dan memperbaiki dosa itu, sudah ngga mungkin lagi diperbaiki - ya sudah itu baru moment KEGAGALAN (*baca : total failure) , tapi.... menurutku moment itu bisa berubah menjadi sebuah moment KEBERHASILAN kalau pada saat itu kita berani untuk mengambil tindakan meninggalkan KEGAGALAN tersebut dan mencoba untuk bangkit kembali. Memang baru berhasil bangkit saja untuk beberapa orang belum bisa dikategorikan sebagai KEBERHASILAN namun untuk saya itu merupakan sebuah KEBERHASILAN tersendiri - seseorang berhasil mengatasi keterpurukannya dan masih bisa untuk terus berusaha recover dari kondisinya untuk menjadi lebih baik.

Kalau seorang perenang yang harusnya berenang sejauh 50 meter memutuskan untuk berhenti di jarak 49 meter oleh karena kelelahan dan sudah tidak mampu lagi untuk berenang, maka itu adalah sebuah total failure, tetapi apabila pada meter ke 49 dia masih berusaha sekuatnya - meskipun itu artinya memaksa tubuhnya untuk bekerja dengan sangat keras maka dia akan meraih keberhasilan itu.

Intinya : Jangan BERHENTI apapun kondisinya, apapun keadaanya - mau terlihat ngga ada harapan, mau terlihat sudah ngga mungkin .... JANGAN BERHENTI!!! pada saat kita memutuskan untuk berhenti maka kita sudah mem-finalisasi keadaan tersebut - sudah ngga ada lagi yang bisa berubah, tetapi kalau kita masih mau terus mencoba, terus berharap & beriman bahwa dalam segala kondisi tetap masih ada kuasa yang lebih tinggi - higher power yang bisa mengubah semuanya itu - masih ada harapan untuk semuanya berubah, yang penting JANGAN BERHENTI!!!

Pokoknya : Anything can happened, anything can seem so dark but never let your mind ever think about STOP, it will prevent you to be able to break the barrier ahead - You will never pass it if you ever think that you have to STOP. Start believing in GOD that HE will make a way and give us the strength we need, create the unseen way, process us to take us higher to the next spiritual and faith level.

No comments: