Thursday, January 29, 2009

DDP 12 : Ngegremeng!!! NO WAY!!!

Bacaan : Keluaran 17:1-7

Mengeluh/menggerutu sepertinya sudah merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, mulai dari mengeluh yang cuma berisi beberapa kata - sampai keluhan yang kalau mau didengarkan, seharian saja ngga bakal cukup (*lebaii...). Kalau mau dipikir-pikir, kenapa ya kita suka mengeluh ?? Ada orang yang mengeluh sebagai pelampiasan perasaan - setelah melampiaskan jadi bisa lega, ada yang memang ingin diperhatikan oleh orang lain, ada yang memang tidak puas dengan keadaannya, dsb.

Apapun alasannya, mengeluh / menggerutu itu tidak membawa manfaat bagi diri sendiri apalagi bagi orang lain. Coba kita bayangkan kalau kita berada di sekitar orang yang kerjanya seharian mengeluh saja, pasti akan terasa sangat menyebalkan - "kenapa si orang ini.... mengeluh seharian". Padahal sering sekali kita berada pada posisi yang sama dengan si orang tadi - memang mungkin ngga se vulgar dia untuk mengungkapkan, mungkin kita mengeluh pada saat tidak banyak orang di sekitar, mungkin cuma beberapa kalimat atau mungkin hanya di dalam hati saja - tapi mengeluh is mengeluh.

Pernah membayangkan ngga kalau ALLAH tau bosen mendengar keluhan kita atau kalau tau-tau ALLAH fed up terus jadi marah karena kita terus-terusan mengeluh ?? waduh... bisa berantakan semua deh, kacauu!! Sebenarnya dengan mengeluh kita seakan-akan mau meragukan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita itu adalah sesuatu yang terbaik, mungkin kita ngga sadar ketika kita mengeluh bahwa sebenarnya kita sedang meragukan rencana yang dibuat oleh ALLAH, kita sedang meragukan apakah sebenarnya ALLAH menyertai senantiasa "kok bisa kaya gini bila ALLAH menyertai ???"...

Kalau sudah sampai ke sana, itu sudah fatalisme. Balik ke buah roh yang bernama Penguasaan Diri, dengan kita memiliki buah roh yang ini maka sebenarnya kita diharapkan untuk bisa mengatur setiap hal yang mau kita lakukan & pikirkan termasuk mengeluh / menggerutu tadi. Memang bukan hal yang mudah, lha wong terjadinya reflex - kadang-kadang bukan terjadi secara disengaja, tapi ya itulah sebuah proses yang harus dilalui oleh semua orang.

Marilah kita berdoa kepada Tuhan supaya hari ini dan seterusnya kita diberikan ketaatan dan kemampuan untuk mensyukuri segala sesuatu yang terjadi pada kehidupan kita - termasuk untuk tidak secara sengaja / tidak sengaja mengeluh / menggerutu.

Amin!!!

No comments: