Thursday, February 12, 2009

DDP 16 : Walk Side by Side with Him

Bacaan : Matius 7:24-27

Jalan hidup tak selalu tanpa kabut yang pekat
Namun kasih Tuhan nyata pada waktu yang tepat
Mungkin langit tak terlihat oleh awan yang tebal
Diatas -nyalah membusur p'langi Kasih yang kekal

Reff :
Habis hujan tampak p'langi bagai janji yang teguh
Dibalik duka menanti p'langi Kasih Tuhanmu


Lagu terjemahan diatas & teks bacaan hari ini begitu menggambarkan apa yang selalu terjadi pada kehidupan kita. Kabut, awan tebal, hujan badai, angin keras, banjir seakan-akan memang tidak akan pernah berhenti hadir dalam kehidupan kita. Tuhan tidak pernah menyatakan bahwa semuanya itu bakal dihalau bahkan bila melihat kenyataan pengalaman yang terjadi pada banyak orang maka begitu mulai mengikut Tuhan dengan sungguh2, mulailah juga segala macam masalah2 yang tadinya ngga pernah ada.

Sebenarnya kalau kita mau melihat dari "sisi lain" maka kita akan mengerti, kenapa masalah itu harus hadir dalam kehidupan kita. Seorang anak kecil tidak akan membutuhkan ayahnya lebih daripada ketika dia harus berjalan melewati tempat yang gelap - keberadaan seorang ayah yang menggandeng dia akan sangat "dirasakan" oleh si anak pada kondisi demikian. Meskipun mungkin pada kesempatan2 yang lain si ayah tidak pernah meninggalkan dia namun si anak belum tentu merasakan kehadirannya, namun ketika situasi menjadi gelap & tidak menentu maka kehadiran sang ayah akan sangat dirasakan dan sangat berarti bagi si anak.

Hal yang tidak jauh berbeda bisa kita lihat dari kejadian Angin Badai di Galilea. Pada awal2 perjalanan mungkin keberadaan Yesus di dalam kapal tidak terlalu dirasakan oleh murid2 itu sebabnya Yesus sampai tidur di buritan, namun ketika segala sesuatu menjadi "out or control" / kacau beliau - maka murid2 bisa berkata : "Untung kita bawa Yesus kalau ngga... ya sudah..." - saat itulah keberadaan Yesus menjadi sangat berarti.

Yang harus kita sadari bahwa sebenarnya Tuhan tidak pernah meninggalkan kita barang sedetikpun, Ia tidak pernah memalingkan wajahnya dari kita walau sekejap pun sebab Ia selalu bersama dengan kita dalam kondisi apapun dan dalam apapun yang kita perbuat - Hal ini yang kadang2 kurang kita sadari sehingga sering kita melakukan hal2 yang kurang berkenan kepada Allah - seakan2 Allah ngga ada di sisi kita pada saat kita melakukan hal tersebut padahal Ia tau apa yang sedang kita perbuat dengan jelas, Pada saat kita menyakitiNya - Dia sedang berada di sebelah kita sambil memandang dengan sedih. Kalau kita mau mencoba memahami perasaan Tuhan pada saat itu, kita bisa menganalogikannya seperti ada teman dekat kita yang sedang berjalan bersama dengan kita lalu dia melakukan hal yang mengecewakan kita padahal dia tau bahwa kita sedang ada bersama-sama dengan dia dan melihat apa yang dia lakukan namun seolah2 dia ngga mau ambil perduli - sakitnya minta ampun!. Mungkin kita tidak pernah menyadari hal ini...

Inti dari hari ini adalah :
  1. Jangan pernah komplain dengan adanya masalah karena justru pada saat itu kita bisa mengalami / merasakan keberadaan Tuhan dengan lebih baik & saat itu bisa menjadi kesempatan yang baik untuk sekali lagi merasakan Mujizat & Kebaikan Tuhan yang luar biasa. - mau diberikan hal yang baik kok ga mau / protes.
  2. Sadari dengan sepenuh hati bahwa Tuhan itu merelakan dirinya untuk jalan dengan kita dalam kondisi apapun dan tidak pernah meninggalkan kita barang sedetik pun jadi tetap percaya bahwa apapun yang terjadi ada di dalam kendali Tuhan yang selalu akan memberikan hal TERBAIK bagi kita.(*bahkan yang baik pun tidak akan diberikannya) Masalahnya cuma tinggal seberapa kita percaya bahwa Allah kita itu baiknyaaaa... ga ketulungan.
  3. Kalau kita sadar bahwa Tuhan selalu bersama dengan kita, maka kita ngga akan pernah bertanya "boleh ini apa ngga, boleh itu apa ngga" tapi kita akan selalu berusaha untuk bertingkah laku yang ngga membuat Tuhan sedih. - akankah kita melakukan hal tersebut bila di samping kita ada pendeta kita ?? apalagi kalau kita menyadari ada Tuhan yang selalu bersama dengan kita.
  4. Kalau sudah sadar, libatkan Tuhan dalam setiap hal yang & akan kita lakukan. Dalam setiap keputusan, dalam setiap pemikiran - karena bila Allah campur tangan maka segala sesuatu bisa dipastikan ada berhasil maksimal - seturut dengan kehendakNya.
Just Believe, Put 100% Trust on The Wonderful n Mighty Shepherd, Walk by Faith with Him Everytime.

No comments: