Thursday, October 07, 2010

Friendship vs Bright Future

Bacaan hari ini :
1 Raja-raja 5:1-12
2 Samuel 10:1-5

Bacaan hari ini menceritakan tentang 2 kisah yang bertolak belakang. Kisah yang 1 berakhir dengan simbiosis mutualisme sedangkan yang 1 dengan peperangan.

Masalah utama dari kisah ke 2 adalah karena sang raja mendengarkan nasihat dari pihak yang salah - yang bukannya menghasilkan kebaikan justru mengakibatkan peperangan besar yang menghancurkan kerajaannya. Sungguh ironis sebuah persahabatan yang baik harus dihancurkan oleh karena sang raja ini memilih untuk mendengarkan dan melakukan nasihat yang tidak bijaksana.

Keputusan yang salah tidak saja dapat menghancurkan hubungan baik di masa yang lalu namun juga dapat menghilangkan kesempatan untuk memperoleh masa depan yang lebih baik oleh karena itu

Amsal 4:13 berkata Hold tight to good advice; don't relax your grip. Guard it well--your life is at stake! (terjemahan The Message).
1 Kor 5:33 Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.
Ams. 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Takes a good care of your own life & society n u'll get the bright future HE'd prepared for U.

1 comment:

Muara Fatan said...

Pelajaran yang sangat penting dari cerita ini "Keputusan yang salah tidak saja dapat menghancurkan hubungan baik di masa yang lalu namun juga dapat menghilangkan kesempatan untuk memperoleh masa depan yang lebih baik"