Tuesday, October 05, 2010

Controversy - Risk Management

Lukas 2:52 Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Sebagai seorang pembuat "kontroversi", bagaimana mungkin Yesus semakin dikasihi oleh manusia? Pada cerita yang terdapat di lukas 2 :41 - 52 jelas2 Dia menimbulkan masalah yang sangat mengkhawatirkan kedua orang tuanya - menghilang 3 hr tanpa kabar. Tentunya hal-hal semacam ini harusnya menjadi sumber problem - ketika sebuah hal yang harus kita lakukan oleh karena kita mengasihi Tuhan ternyata bertentangan / berseberangan dengan pandangan umum.

Saya sangat curious tentang bagaimana cara "manajemen konflik" yang dilakukan oleh Tuhan Yesus sehingga dalam segala "kontroversi" yang dia buat - tetap saja dia makin dikasihi oleh Allah dan MANUSIA.

Memang Dia adalah sang sumber segala hikmat - sang pemilik kebijaksanaan tak terbatas, namun kan tetap harus berhadapan dengan segala adat istiadat, kebiasaan, norma2 yang berlaku... kok semuanya terlihat ok-ok saja ya.. bahkan makin dikasihi.

Mungkin masalahnya adalah di ATTITUDE.. sekalipun membuat beberapa "kontroversi" tp Tuhan Yesus tetap hormat terhadap orang tua, ramah terhadap saudara & sahabat, berlaku benar dan jujur dalam semua sikap & perilakunya - sehingga semua orang tetap respek bahkan makin mengasihi Yesus. Di dalam ke-perbedaannya pun Yesus tetap menonjolkan kualitas MANUSIA yang sempurna (baik dalam sisi aturan maupun moral) dalam kehidupannya.

Saya jadi teringat sebuah ayat yang menyatakan supaya dalam kehidupan kita harus sempurna sehingga tidak membuka celah apapun untuk disalahkan. Akhirnya saya menemunkannya yaitu terdapat pada 2 Kor 6:3 "Dalam hal apapun kami tidak memberi sebab orang tersandung, supaya pelayanan kami jangan sampai dicela."

Sebuah kesempurnaan tindakan yang sesuai dengan norma moral & sikap yang ditunjukkan oleh rasul Paulus. Saya rasa hal inilah yang menyebabkan sekalipun "kontroversial" namun tetap saja Yesus makin dikasihi oleh MANUSIA.

Menjaga sikap dan perilaku yang tidak membuka celah sedikitpun memang ngga gampang, namun dengan kekuatan dari ROH KUDUS dan dengan mendasari segala yang kita lakukan oleh karena kita mengasihi TUHAN (*bandingkan blog kemarin) maka kita akan makin dikasihi oleh TUHAN dan MANUSIA.

*stop for now. Wait for next RHEMA :)

1 comment:

my life journey said...

kapan update lagi yg baru bro ??