Monday, March 06, 2006

DDP3 : DISCIPLE'S WORK(28-02-06)

Taken From John 8:1-59

1. (1-11) : Penghakiman adalah hak ALLAH. Jangan menghakimi orang lain terutama bila "ukuran" yang kita pakai untuk menghakimi orang lain tidak kita ukurkan pada diri kita terlebih dahulu.
----> ex : Mengatakan / Men"Judge" orang lain berdosa, tetapi ternyata kita berdosa juga, bahkan dosanya sama dengan orang itu (MUNAFIK).

2. (28) : "Kalian akan tahu bahwa tidak ada satupun yang kulakukan dari diriku sendiri" - "Aku tidak berbuat apa-apa dari diriku sendri".
----> Hidup yang berdasarkan "misi" dari ALLAH dan berjalan sesuai dengan tujuan yang diberikan ALLAH. Biarlah DIA yang semakin bertambah dan aku semakin berkurang.
----> Hidup yang berdasarkan ketetapan-ketetapan dan ajaran-ajaran yang berasal dari pada ALLAH : "I do nothing of Myself, but as My Father taught Me I Say these things" --> ADA Waktu BELAJAR Firman Tuhan.

3. (29) : "Dan DIA yang mengutus Aku ada bersamaKU, Ia tidak pernah membiarkan Aku sendirian, sebab aku selalu melakukan apa yang menyenangkan hatiNYA" - "Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepadaNYA".
----> ALLAH tidak pernah membiarkan kita berjalan sendirian - apalagi bila kita selalu melakukan hal-hal yang menyenangkan ALLAH (Pleasing HIM). Kita membawa dan menunjukkan kepada orang lain bahwa kita hidup bersama-sama dengan ALLAH melalui tutur kata dan perbuatan kita yang menyenangkan ALLAH. --> Orang lain menilai kita berdasarkan apa yang kita ucapkan dan kita perbuat (hal-hal ini yang mempermuliakan ALLAH - kalau baik).

4. (31) : "Jikalau kamu tetap dalam firmanKU, kamu benar-benar adalah muridKU. Dan kamu akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu"(TB) - " ... maka kalian akan mengenal ALLAH yang benar dan oleh karena itu kalian akan dibebaskan".(BIS)
----> Murid YESUS diberikan pengenalan akan ALLAH yang benar. Seseorang baru dikategorikan sebagai murid apabila mereka "tetap didalam firman" - "remain in My Word" --> menandakan adanya konsistensi dan kontinuitas, berlangsung secara tetap dan terus menerus.
----> remain : bertahan - stay - consistent
--> Banyak kali orang-orang tidak mau untuk hidup dan bertahan dalam firman Tuhan - terutama bila keadaan dan kondisi "berusaha" untuk memaksa mereka untuk meninggalkan Firman Tuhan (or berbuat dosa). <<< Yang ngga mau bertahan BUKAN MURID YESUS

5. (33-45) : Banyak orang ngaku-ngakunya baik ("keturunan Abraham") tapi kelakuan dan tindakan mereka sama sekali tidak menunjukkan hal tersebut.
----> Kalo ngaku-ngaku sebagai anak ALLAH : ACT / bertindak seperti / selayaknya / sepantasnya ANAK ALLAH, JANGAN KAYA GEMBEL!!!.

6. (46-59) : Pola pikir dunia yang mesti diubah dari "based on facts" ke "based on faith". Kita kadang-kadang jadi tidak bisa percaya kepada ALLAH oleh karena kita bergantung pada pemikiran-pemikiran / logika-logika kita, seakan-akan dengan pikiran kita - kita mampu untuk menjelaskan sesuatu yang (secara sadar/tidak sadar) membuat kita menyimpang jauh dari kehendak ALLAH (SOK TAHU).

1 comment:

Anonymous said...

Mana lanjutannyaaa??

-ryonn-